A+ A A-

  • Dilihat: 31

PENTINGNYA SENSUS JEMAAT

HARI MINGGU IV PRAPASKAH
Bilangan 1 : 1 – 27

“Hitunglah jumlah segenap umat Israel menurut kaum-kaum yang ada dalam setiap suku mereka, dan catatlah nama semua laki-laki di Israel yang berumur dua puluh tahun ke atas.”ayat 2-3

Di Indonesia, sensus penduduk dilakukan oleh Biro Pusat Statistik (BPS), setiap sepuluh tahun sekali. Sensus terakhir dilakukan pada tahun 2010 dan akan dilakukan pada tahun 2020. Sensus bertujuan utama menghitung berapa jumlah penduduk pada suatu negara, mencatat jumlah penduduk di wilayah administrasi di Indonesia, seperti : suku bangsa, usia, jenis kelamin, pekerjaan penduduk di Indonesia. Data yang dikumpulkan dalam sensus ini akan digunakan untuk merencanakan pembangunan oleh pemerintah.

Perintah Tuhan kepada Musa dalam ayat 2-3 dikatakan ; “Hitunglah jumlah…umat Israel, catatlah nama semua laki-laki ..yang berumur dua puluh tahun ke atas”, secara umum bertujuan; (1) agar jumlah umat Israel dapat diketahui secara pasti, (2) dengan mudah di organisir dalam perjalanan menuju tanah perjanjian, (3) perintah tersebut berhubungan dengan pengaturan umat Israel dalam membangun kesatuan militer yang bersifat social-religius serta menegaskan kesatuan umat Israel yang terbentuk melalui suku-suku lewat perwakilannya (ay. 4-5, 16), dan (4) menarik dengan mencatat usia 20 ke atas, Tuhan sedang menyiapkan pasukan yang tangguh dan kuat dalam menghadapi berbagai rintangan yang akan dilewati. Secara khusus perintah tersebut di lihat: (1) sebagai cara Tuhan untuk mengendalikan umat-Nya agar menyatu dalam proses perjalanan menuju tanah perjanjian agar tetap berpaut pada perintah-Nya, dan (2) agar mereka sebagai umat Israel memiliki misi yang sama, yaitu suatu umat yang teratur di hadapan Tuhan (bnd. 1 Kor. 14: 40).

Memaknai perintah Tuhan dalam bacaan kita, maka gereja yang hadir ditengah-tengah dunia ini secara kelembagaan penting melihat bahwa sensus jemaat sangat diperlukan agar secara pasti mengetahui jumlah warga jemaat dan kemudian menyusun strategi yang efektif dalam penyelenggaraan pelayanan. Hal penting yang juga dilakukan gereja adalah dengan mencatat usia muda untuk dipersiapkan dan dibina secara serius agar mereka dapat menjadi laskar Kristus yang kuat dan tangguh dalam mengarungi kehidupan baik dalam keterlibatan pelayanan maupun dilingkungan di mana mereka berada.

Sehubungan dengan situasi dan kondisi saat sekarang ini
Ibadah Hari Minggu di gedung gereja
TIDAK DILAKSANAKAN