A+ A A-

  • Dilihat: 29

Taat Dan Siap Untuk Melakukan Pekerjaan Yang Baik

HARI MINGGU XXIII SESUDAH PENTAKOSTA
Titus 3: 1 – 14

Seorang bidat yang sudah satu dua kali kaunasihati, hendaklah engkau jauhi.ayat 10

Titus adalah sahabat dan rekan sepelayanan rasul Paulus yang begitu dipercaya melakukan banyak tugas dan tanggungjawab besar dalam pelayanan di jemaat-jemaat di Asia kecil dan Yunani. Titus diberi tanggungjawab untuk mengajarkan dan membimbing jemaat agar mereka memiliki perilaku dan perihidup yang sesuai dengan panggilan-Nya sebagai orang-orang yang menerima anugerah Allah.

Kualitas kehidupan orang percaya dan persekutuan orang percaya tidak hanya diukur dengan kuantitas ritual yang banyak ataupun identitas agama yang melekat. Kualitas orang percaya dan persekutuan orang percaya terletak pada tiap kesempatan, perbuatan dan relasi yang dilakukan yang seturut dengan kehendak Allah. Kehidupan orang percaya tidak pernah lepas dari pengaruh perkembangan zaman; karenanya rasul Paulus mengingatkan pentingnya konsistensi dan komitmen iman dari orang percaya dalam menghadapi, menyikapi dan menjalani hidup dengan berbagai tantangan yang ada. Anugerah Allah dalam Kristus (ayat 4-7) menjadi landasan kokoh bagi setiap pribadi yang percaya untuk membangun kehidupan dan perilaku yang menjawab berbagai tantangan hidup termasuk tantangan penyalahgunaan, salah satunya penyalahgunaan teknologi. Orang percaya, akan menjaga dan menjadikan berbagai kemajuan zaman yang dikecapnya untuk menjadi berkat bagi dirinya dan banyak orang.

Sebagaimana pesan rasul Paulus kepada Titus agar terus mendorong jemaat melakukan pekerjaan yang baik, maka baiklah kita, secara pribadi, jemaat bahkan gereja Tuhan, menjadikan berbagai kesempatan dalam hidup untuk memuliakan Tuhan.