A+ A A-

  • Dilihat: 35

Tuhan Menjamin Masa Depan Yang Sejahtera Bagi UmatNya

HARI MINGGU XVI SESUDAH PENTAKOSTA
Rut 2 : 1 – 14

Lalu sujudlah Rut menyembah dengan mukanya sampai ke tanah dan berkata kepadanya: "Mengapakah aku mendapat belas kasihan dari padamu, sehingga tuan memperhatikan aku, padahal aku ini seorang asing?"ayat 10

Pengalaman hidup yang dialami oleh Naomi berlanjut pada perjalanan kembali ke Betlehem, namun Naomi tidak sendirian melainkan salah satu menantunya yang setia yaitu Rut bersama dengan dia. Di Betlehem mereka tinggal bersama dan memulai kehidupan yang baru, tentu kehidupan yang akan mereka jalani mengharuskan mereka untuk bekerja keras demi kelangsungan hidup. Pada bagian ini dinyatakan bahwa Naomi memiliki seorang anggota keluarga Elimelekh di Betlehem dan dia terkenal sebagai seorang yang kaya raya, orang tersebut bernama Boas.

Bacaan ini mengungkapkan bahwa Rut meminta ijin dari Naomi agar dapat memungut bulir-bulir jelai di ladang gandum milik Boas. Sesungguhnya Rut tidak mengetahui tentang Boas, dia hanya ingin bekerja untuk menghindari kerja keras Naomi dan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Akan tetapi, peristiwa ini sedang dalam rencana Tuhan bagi masa depan Naomi dan Rut. Perjumpaan dengan Boas membuat Rut tidak hanya menerima kesempatan bekerja tetapi juga mendapat perlindungan dari Boas dalam menjalani pekerjaannya itu, semua ini terjadi karena integritas Rut dan ketulusannya dalam melayani Allah Israel melalui kesetiaannya kepada Naomi. Hal ini menunjukkan kepada kita bagaimana Allah turut bekerja mendatangkan segala sesuatu yang baik dalam kehidupan kita, sebagaimana yang Allah lakukan untuk Rut.

Tantangan hidup yang kita alami karena suatu keadaan yang sulit, dapat diubah oleh Allah menjadi suatu kesempatan bagi kita untuk mendapatkan kesejahteraan di masa depan. Kuncinya adalah dua hal yang dapat kita pelajari dari pribadi Rut: pertama, Rut tetap memiliki integritas sehingga tidak mau meninggalkan Naomi yang dengan begitu dia tetap setia kepada Allah Israel, kedua, Rut memiliki ketulusan sehingga dengan kerendahan hati dia mau bekerja untuk kelangsungan hidupnya dan Naomi. Mari kita miliki dua kepribadian Rut dalam kehidupan kita, maka kesejahteraan dari Allah akan dikaruniakan kepada kita dan keluarga kita.