A+ A A-

Retret Katekisasi Angkatan 2009-2010

Mengakhiri dan memperlengkapi proses pembelajaran Kelas Katekisasi angkatan 2009-2010 GPIB Jemaat Ekklesia, diadakan retret untuk para katekisan yang berlangsung pada tanggal 20-21 Maret 2010 bertempat di Wisma Kinasih Cimanggis Depok. Kegiatan ini merupakan program rutin dari Komisi Katekisasi yang bertujuan untuk memantapkan diri para katekisan untuk menjadi warga sidi jemaat yang akan dinyatakan melalui Peneguhan Sidi pada Ibadah Hari Minggu, 28 Maret 2010.

Keterbatasan waktu membuat jadwal kegiatan retret ini cukup padat. Peserta (para katekisan) dan panitia tiba di lokasi acara pada jam 08.00 WIB dimana telah menunggu terlebih dahulu Pdt. Ny. Olga Ria Kristina Jacobs, M.Si sebagai pembicara pertama dalam sesi "Engkaulah Allah dan Tuhanku". Kehadiran Pdt. Ny. Olga Ria Kristina Jacobs, M.Si yang mendahului peserta dan panitia menunjukkan keseriusan beliau untuk turut serta mempersiapkan para katekisan dan ini terbukti dalam sesi yang dilayaninya banyak hal yang mencerahkan hati dan pikiran para katekisan khususnya dalam memahami hakikat kedewasaan hidup beriman kepada Allah dalam Yesus Kristus.

Setelah sesi pertama selesai sesi berikutnya, "Aku Gereja, Kaupun Gereja" segera menyusul. Dilayani oleh Pdt. Ny. Nancy Thelma Nisahpih-Rehatta, M.Th, sesi ini tidak kalah menarik dari sesi sebelumnya, sesi ini juga banyak memberi pencerahan kepada para katekisan mengenai organisasi dan pelayanan dalam gereja khususnya GPIB.

Sesi-sesi berikutnya yaitu: "Dunia, Tempatku Berkarya" dilayani oleh Pdt. Ny. Margie Ivonne Ririhena-de Wanna, M.Si. dilanjutkan dengan sesi "Bersamamu Aku Ada" dilayani oleh Pdt. Henry Bernadus Djeky Jacob, S.Th (KMJ GPIB EKKLESIA) juga dengan serius mengajak para katekisan untuk memantapkan diri mereka menjadi warga sidi jemaat yang bertanggung jawab.

Di penghujung malam menutup kegiatan pada hari itu diadakan "Fellowship Prayer" yang dilayani oleh Ny. Tri Esti H. Herbawal, S.Th. Dalam sesi ini para katekisan diajak untuk bercermin tentang bagaimana kehidupan mereka pada saat itu dan apa tujuan hidup beriman mereka pada masa datang. Didukung dengan heningnya suasana dan gerimis hujan, sesi ini mengupas dan menguras emosi para katekisan. Tepat jam 22.00 WIB seluruh rangkaian kegiatan hari itu ditutup dan para katekisan masuk ke kamar masing-masing untuk beristirahat.

Keesokan harinya pada jam 08.00 WIB dilakukan Ibadah Hari Minggu dengan Pelayan Firman Dkn. Ny. In Sumarno dilanjutkan dengan "Personal Sharing" antara para katekisan dengan anggota Komisi Katekisasi dibantu panitia. Sebagai akhir kegiatan diadakan "Games", dengan kepiawaiannya Bp. Benny Herbawal mengaktualisasikan semua materi yang diterima para katekisan pada sesi-sesi sebelumnya dalam rangkaian permainan yang seru dan menarik dan pada akhirnya didiskusikan bersama hingga mencapai suatu kesimpulan bahwa semua materi yang disampaikan selama lebih kurang dua hari itu adalah suatu yang nyata dialami dalam kehidupan orang beriman.

Tepat jam 13.00 WIB setelah makan siang, seluruh rangkaian acara Retret Katekisasi Angkatan 2009-2010 GPIB Jemaat Ekklesia diakhiri. Setelah berdoa bersama dipimpin oleh Dkn. Ny. Olly Kumambong seluruh rombongan berangkat pulang kembali ke Jakarta. Banyak hal yang telah didapat oleh para katekisan, kiranya dapat selalu diingat dan digunakan untuk menjadi kekuatan menjalani hidup beriman kepada Yesus Kristus.