A+ A A-

Ibadah & Perayaan Natal 2009 - Sektor Pelayanan V

Ibadah dan Perayaan Natal GPIB Jemaat Ekklesia Jakarta Selatan Sektor Pelayanan V telah dilaksanakan pada hari Senin, 28 Desember 2009 bertempat di Aula Komplek POMAD Kalibata. Beberapa hari sebelum di laksanakannya ibadah dan perayaan ini, panitia bekerja sama dengan para Pelayan Anak sektor V melaksanakan Christmas Carol, sebagai salah satu bentuk pencarian dana dan juga sebagai ungkapan kasih bagi beberapa anggota jemaat yang sudah lanjut usia dan mereka yang kurang mampu.

Ibadah dan Perayaan Natal Sektor Pelayanan V kali ini sedikit berbeda dari perayaan yang sama beberapa tahun sebelumnya, ini terlihat dari liturgi yang digunakan dan dekorasi serta pelaksanaannya. Liturgi yang dipergunakan adalah Liturgi Ekperimental yang berbentuk Liturgi Teatrikal, dimana sepanjang pelaksanaan ibadah diisi dengan Narasi serta Oratorium yang mengisahkan Nubuatan Nabi Yesaya hingga kelahiran Yesus serta kembalinya Maria dan Yusuf ke Nazaret pasca penyingkiran ke Mesir. Oratorium ini diperankan oleh anak-anak sekolah minggu sektor V.
Termasuk pula dalam dekorasi ruangan ibadah dan perayaan, tergambar jelas nuansa budaya dari berbagai daerah dengan tujuan mengingatkan kembali bahwa sebagai orang percaya kita juga harus menghargai budaya negeri sendiri, inipun mampak dari kostum para pemeran oratorium, dimana masing-masin pemeran mengenakan pakaian daerah, seperti pakaian daerah Jawa, Bali, Timor dan banyak lagi.

Walaupun liturgi yang digunakan pola eksperimental, namun tetap berpedoman akan tata ibadah yang berlaku di GPIB. Refleksi natal dalam ibadah ini dibawakan oleh Pdt. Henry Jacob S.Th, selaku Ketua Majelis Jemaat GPIB Ekklesia Jakarta Selatan.

Dalam Ibadah dan Perayaan ini, hadir pula para undangan, seperti perwakilan PHMJ GPIB Ekklesia, perwakilan dari Sektor I sampai dengan VI dan juga hadir undangan khusus dari perwakilan umat beragama lain di wilayah pelayanan Sektor V, seperti perwakilan dari Umat Islam, Budha, Hindu serta Katholik.

Dalam kesempatan itu, Perwakilan dari PHMJ GPIB Ekklesia, Pen. Soewignyo meberikan kata sambutan mewakili Majelis dan Jemaat GPIB Ekklesia, yang mengajak untuk membagikan kasih Natal untuk sesama. “Jadikan Natal ini bukan hanya perayaan rutin saja, tapi sebagai saat untuk bersaksi akan kasih Tuhan untuk semua orang”. Dalam kesempatan ini pula, Komandan Komplek POMAD, Letkol. (CPM) Razim, memberikan sambutan dalam perayaan, beliau mengatakan bahwa kerukunan antar umat beragama khususnya diwilayah sektor V sudah sangat baik, dan berharap dapat berjalan terus seperti sekarang, bahkan bisa lebih ditingkatkan lagi, dan beliau juga sangat terkesan, bahwa umat kristiani di sektor V tidak lupa akan budaya negeri sendiri.

Beberapa bingkisan Natal pun di persiapkan oleh panitia sebagai wujud terima kasih warga jemaat sektor V atas pelayanan Pdt. Hendry Jacob, Pdt. Ny. Hendrika Tatengkeng-Pietersz dan kepada beberapa Pelayan Anak yang melayani di sektor  V.

Jamuan makanpun menjadi mata acara yang tidak kalah seru, dimana sebelum jemaat menikmatinya, doa makan dipimpin oleh Pdt. Ny. Hendrika Tatengkeng-Pietersz, ditengah-tengah jamuan makan, dilangsungkan pembagian door prize dan pemutaran dokumetasi Christmas Carol beberapa waktu sebelumnya.

Biarlah Ibadah dan Perayaan Natal sektor V dengan Sub Tema : Kasih Allah Selalu Nyata Dalam Hidup Kita tidak berakhir pada malam tanggal 28 Desember 2009 saja, tapi tetap nyata sampai Tuhan datang untuk kedua kali.

Tuhan memberkati pelayanan kita bersama.

OGUN - Aula POMAD, 28 Desember 2009

  • Click to enlarge image natal-sv.jpg Click to enlarge image natal-sv.jpg
  • Click to enlarge image pujian-ps-sv.jpg Click to enlarge image pujian-ps-sv.jpg
  •